Sunday 6 January 2019

Review The Ordinary - Niacinamide & Alpha Arbutin

The Ordinary Niacinamide & Alpha Arbutin
Karena skincare dari US ini sangat populer di kalangan wanita yang memiliki masalah jerawat, saya jadi ingin mencobanya. Karena setelah masalah peradangan jerawat selesai, masalah selanjutnya adalah gimana cara menghilangkan bekas jerawat yang ternyata jauh lebih sulit daripada mengeringkan jerawat yang meradang. Apalagi kalau bekas jerawat kita berbentuk bopeng, cukup bikin saya frustasi.

The Ordinary ini dibilang sebagai skincare yang simple karena kandungan zat yang terdapat pada tiap skincarenya hanya 1-2 zat saja, tidak seperti skincare lainnya yang ribet dan banyak kombinasi kandungan. Nama produknya sama dengan nama zat yang dikandung, misalnya The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% maka kandungannya skincare tersebut sama dengan nama produknya Niacinamide 10% dan Zinc 1%. Karena tergoda dengan hasil review para penggunanya, saya tertarik nitip, saat teman saya ke London. Secara sederhana saya bilang ke dia, "Nitip product The Ordinasry yang buat jerawat dong." Dan dia nyuruh saya baca lebih lanjut di web maupun FDN dulu supaya lebih jelas series mana yang harus dia beli (kzl ya).

Walaupun udah sering liat teman review The Ordinary ini di Instagram Story, tapi saya sesungguhnya tidak tahu mana produk terbaik untuk jerawat. Akhirnya saya baca dulu review di Female Daily, dari situ saya dapat kesimpulan bahwa kalau untuk kulit berjerawat, saya harus mencoba The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% serta Alpha Arbutin 2% + HA.



First Impression
Sesuai kandungan zatnya yang simple, saya merasa packaging The Ordinary ini juga sangat simple tapi saya suka. Kalau di web, penjelasan tentang produk panjaaaang sekali. tapi pada kemasan, penjelasannya juga simple. Niacinamide untuk mengontrol minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori, dan Alpha Arbutin untuk menghilangkan noda pada wajah.

Cara Pemakaian
Saya pakai The Ordinary ini setelah double cleansing pada pagi dan malam hari. Pagi hari biasanya saya gunakan Niacinamide dulu, lalu Alpha Arbutin, setelah itu baru pakai sun screen Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Sementara pada malam hari saya gunakan Niacinamide, Alpha Arbutin, dan terakhir Ultima II Procollagen Extrema (PE) Complex for Face & Neck.

Before - masih banyak jerawat yang meradang
After - Peradangan sudah selesai, bekas jerawat tersamarkan, pori-pori mulai mengecil

Result
Setelah sebulan pemakaian memang berasa banget sih, jerawat lebih cepat kering, dan bekasnya berangsur-angsur memudar. Selain noda jerawat, sesungguhnya permasalahan utama saya adalah pori-pori yang besar, dan ternyata kombinasi Niacinamide dan Alpha Arbutin ini membantu mengecilkan pori-pori. Tapi mungkin ini juga karena saya menggombinasikan pemakaian The Ordinary dengan collagen skincare dari Ultima II yang bernama Procollagen Extrema Complex for Face & Neck. Tapi pemakaian Ultima II saya ini tidak serutin The Ordinary, sehingga saya yakin kalau kombinasi 2 produk ini bagus untuk menyamarkan noda jerawat dan mengecilkan pori-pori. Bagaimana dengan tekstur kulit bopeng, sayangnya karena saat menulis review ini saya baru pakai selama 2 bulan, sehingga bopengnya tetap terlihat bekasnya, tapi tekstur kulitnya sudah mulai rata. Kalau menurut saya, perbaikan tekstur kulit ini lebih karena pemakaian Ultima II PE Complex Face & Neck sih, karena premise dari collagen skincare adalah membantu memperbaiki tekstur kulit yang rusak.

Masalah Selanjutnya
Karena judulnya mencoba, jadi pas nitip The Ordinary ke teman saya saat dia piknik ke London itu, saya hanya membeli 1 pc untuk masing-masing produk. Saat produknya habis, saya bingung cari kemana. Saya sempat cari ke Amazon, harga produknya sih cuma seratusan ribu, tapi ongkirnya ampai 250an ribu dong. Akhirnya saya coba cari di google dan nemu 2 ecommerce yang menurut saya terpercaya. Ecommerce pertama memang ecommerce yang concern di Beauty Product -  Benscrub tapi harganya 200an ribu, menurut saya kemahalan (ternyata sekarang benscrub sudah tidak lagi menjual The Ordinary), dan ecommerce kedua adalah tokopedia, tepatnya di toko yang bernama etudebrandedshop dengan harga Niacinamide 119rb dan Alpha Arbutin 175rb. Belilah saya disitu dan berharap semoga barangnya tidak palsu. Saat barangnya datang, saya senang karena penjual benar-benar memperhatikan detail barang seperti membungkus botol dengan bubble wrap sebelum dimasukkan ke dalam box produk, lalu membungkus kembali box produk dengan buble wrap sebelum dibungkus dengan packaging pengiriman sehingga tidak perlu kawatir botol akan pecah. Selanjutnya saya mengecek nomor pada botol dan box produk untuk mengecek keasliannya. Senang sekali nomor di botol maupun box sama, sehingga saya yakin kalau produk dari Tokopedia ini asli, dan nanti kalau produk habis, saya bisa kembali memesan disana lagi.

Tapi masalah selanjutnya muncul, owner The Ordinary sempat confess bahwa mereka sedang dalam masalah keuangan sehingga sepertinya mereka akan segera shut down dalam 3 bulan. Semoga saja tidak benar yaa, atau setidaknya kalau mereka memang mau tutup, ada perusahaan besar yang akan take over mereka sehingga kita masih bisa menggunakan produk-produk The Ordinary ini.

Kesimpulan
Overall aku suka hasilnya, jadi akan kembali menggunakan The Ordinary Niacinamide dan Alpha Arbutin, sambil mencoba produk The Ordinary lainnya. Dan tetap akan eksplor brand lain, just in case The Ordinary beneran keluar dari pasar. Highly recommended bagi kamu yang mau get over with the acne and acne scar.

2 comments:

  1. alpha arbutin sama niacinamide ini sama2 serum ya?? tp ttp dipake berbarengan?

    ReplyDelete